March 26, 2018

Tips Cepat Belajar, Mengikuti Rosulloh


Belajar menurut islm

PERMULAN BELAJAR UKURAN BELAJAR



DAN TATA TERTIBNYA



  • Hari Mulai Belajar
كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين رحمه الله يوقف بداية السبق علىيوم الأربعاء، وكان يروى فى ذلك حديثا ويستدل به ويقول: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم: ما من شيئ بدئ يوم الأربعاء إلا وقد تم 
Guru kita Syaikhul Islam Burhanuddin memulai belajar tepat Pada harirabu. Dalam hal ini beliau telah meriwayatkan sebuah hadist sebagaidasarnya, dan ujarnya: Rasulullah saw bersabda: ” tiada lain segalasesuatu yang di mulai pada hari rabu, kecuali akan menjadi sempurna.”

وهكذا كان يفعل أبى. وكان يروى هذا الحديث عن أستاذه الشيخ الإمام الأجل قوام الدين أحمد بن عبد الرشيد رحمه الله 
Dan seperti ini pula yang dikerjakan Abu Hanifah. Mengenai hadist diatas, beliau juga diriwayatkan dari guru beliau Syaikhul Imam QawamuddinAhmad bin Abdur Rasyid.

وسمعت ممن أثق به، أن الشيخ يوسف الهمذانى رحمه الله، كان يوقف كل عمل من الخير على يوم الأربعاء. 
Saya mendengar dari orang kepercayaanku, bahwa Syekh Abu Yusuf Al-Hamdani juga menepatkan semua perbuatan bagus pada hari rabu.

وهذا لأن يوم الأربعاء يوم خلق فيه النور، وهو يوم نحس فى حق الكفار فيكون مباركا للمؤمنين. 
Demikianlah, karena pada hari rabu itu Allah menciptakan cahaya, danhari itu pyla merupakan hari sial bagi orang kafir yang berarti bagiorang mukmin hari yang berkah.
  • Panjang Pendeknya Pelajaran
وأما قدر السبق فى الإبتداء: كان أبو حنيفة رحمه الله يحكى عن الشيخالقاضى الإمام عمر بن أبى بكر الزرنجرى رحمه الله أنه قال: قال مشايخنارحمهم الله: ينبغى أن يكون قدر السبق للمبتدئ قدر ما يمكن ضبطه بالإعادةمرتين بالرفق ويزيد كل يوم كلمة حتى أنه وإن طال وكثر يمكن ضبطه بالإعادةمرتين، ويزيد بالرفق والتدريج، وأما إذا طال السبق فى الإبتداء واحتاج إلىالإعادة عشر مرات فهو فى الإنتهاء أيضا يكون كذلك، لأنه يعتاد ذلك، ولايترك تلك الإعادة إلا بجهد كثير 
Mengenai ukuran seberapa panjang panjang yang baru dikaji, menurutketerangan Abu Hanifah adalah bahwa Syaikh Qadli Imam Umar bin Abu BakarAz-Zanji berkata: guru-guru kami berkata: “sebaiknya bagi oarang yangmulai belajar, mengambil pelajaran baru sepanjang yang kira-kira mampudihapalkan dengan faham, setelah diajarkannya dua kali berulang.Kemudian untuk setiap hari, ditambah sedikit demi sedikit sehinggasetelah banyak dan panjang pun masih bisa menghapal dengan paham pulasetelah diulanga dua kali. Demikianlah lambat laun setapak demi setapak.Apabila pelajaran pertama yang dikaji itu terlalu panjang sehingga parapelajar memerlukan diulanganya 10 kali, maka untuk seterusnya sampaiyang terakhirpun begitu. Karena hal itu menjadi kebiasaan yang sulitdihilangkan kecuali dengan susah payah.”

وقد قيل: السبق حرف، والتكرار ألف

Ada dikatakan: “pelajaran baru satu huruf, pengulangannya seribu kali.”
  • Tingkat Pelajaran Yang Di Dahulukan
وينبغى أن يبتدئ بشيئ يكون أقرب إلى فهمه، وكان الشيخ الإمام الأستاذشرف الدين العقيلى رحمه الله يقول: الصواب عندى فى هذا ما فعله مشايخنارحمهم الله، فإنهم كانوا يختارون للمبتدئ صغارات المبسوط لأنه أقرب إلىالفهم والضبط، وأبعد من الملالة، وأكثر وقوعا بين الناس.
 
 Sebaiknya dimulai dengan pelajaran-pelajaran yang dengan mudah telahbisa di fahami. Syaikhul Islam Ustadz Syarifuddin Al-Uqaili berkata;“Menurut saya, yang benar dalam masalah ini adalah seperti yang telahdikemukakan oleh para guru kita. Yaitu untuk murid yang baru, merekapilihkan kitab-kitab yang ringkas/kecil. Sebab dengan begitu akan lebihmudah di fahami dan di hapal, serta tidak membosankan lagi pula banyakterperaktekan.
  • Membuat Catatan
وينبغى أن يعلق السبق بعد الضبط والإعادة كثيرا، فإنه نافع جد 
Sebaiknya sang murid membuat catatan sendiri mengenaipelajaran-pelajaran yang sudah di fahami hafalannya, untuk kemudiansering diulang-ulang kembali. Karena dengan cara begitu, akan bermanfaatsekali.

ولا يكتب المتعلم شيئا لا يفهمه، فإنه يورث كلالة الطبع ويذهب الفطنة ويضيع أوقاته. 
Jangan sampai menulis apa saja yang ia sendiri tidak tahu maksudnya,karena hal ini akan menumpulkan otak dan waktupun hilang dengan sia-siabelaka.
  • Usaha Memahami Pelajaran
وينبغى أن يجتهد فى الفهم عن الأستاذ بالتأمل وبالتفكر وكثرة التكرار،فإنه إذا قل السبق وكثرة التكرار والتأمل يدرك ويفهم. قيل: حفظ حرفين، خيرمن سماع وقرين، وفهم حرفين خير من حفظ سطرين. وإذا تهاون فى الفهم ولميجتهد مرة أو مرتين يعتاد ذلك فلا يفهم الكلام اليسير 
Pelajar hendaknya mencurahkan kemampuannya dalam memahami pelajarandari sang guru, atau boleh juga dengan cara diangan-angan sendiri, difikir-fikir dan sering diulang-ulang sendiri. Karena bila pelajaran yangbaru itu hanya sedikit dan sering diulang-ulang sendiri, akhirnyapundapat dimengerti. Orang berkata : “Hafal dua huruf lebih bagus dari pada mendengarkan saja dua batas pelajaran. Dan memahami dua huruf lebih baikdaripada menghapal dua batas pelajaran. Apabila seseorang telah pernahsatu atau dua kali mengabaikan dan tidak mau berusaha, maka menjaditerbisakan, dan menjadi tidak bisa memahami kalimat yang tidak panjangsekalipun.
  • Berdo’a
فينبغى أن لا يتهاون فى الفهم بل يجتهد ويدعو الله ويتضرع إليه فإنهيجيب من دعاه، ولا يخيب من رجاه. وأنشدنا الشيخ الأجل قوام الدين حماد بنإبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء للقاضى الخليل بن أحمد الشجرى فىذلك شعرا:
أخدم العلم خدمـــــــة المستفيد    وأدم درسه بفعل حـــــــميد
وإذا مـــــــا حفظت شيئا أعده    ثم أكده غاية التأكــــــــــــيد
كى لا يزول ثم علقه كى تعود    إليه وإلى درسه على التأبيد
فإذا ما أمنت مــــــــــــنه فواتا    فانتدب بعده لشيئ جــــــديد
مع تكرار ما تقدم مــــــــــــنه    واقتناء لشأن هـــــذا المـزيد
ذاكــــــــر الناس بالعلوم لتحيا    لا تكن من أولى النهى ببعيد
إذا كتمت العلوم أنسيت حــتى    لا ترى غير جـــــاهل وبليد
ثم ألجمت فـــــــى القيامة نارا    وتلهبت بالعـــــــذاب الشديد

Hendaknya pula, dengan sungguh-sungguh memanjatkan do’a kepada Allahdan meratap serta meronta. Allah pasti mengabulkan do’a yang dimohonkan, dan tidak mengabaikan orang yang mengharapkan.
Sya’ir Imlak Al-Qadli Al-Khalil Asy-Syajarzi dibawakan kepada kamioleh guru kami syaikh Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin ismailAs-Shaffar, sebagai berikut :
  • Abdilah ilmu, bagaikan anda seorang abdi
Pelajari selalu, dengan berbuat sopan terpuji
  • yang telah kau hafal, ulangi lagi berkali-kali
lalu tambatkan dengan temali kuat sekali
  • Lalu catatlah, agar kau bisa mengulangi lagi
Dan selamanya, ku bisa mempelajari
  • Jikalau engkau, telah percaya tak kan lupa
Ilmu yang baru, sesudah itu masuki segera
  • Mengulang-ulang, ilmu yang dulu, jangan terlalai
Dan bersungguhan, agar yang ini, kan menambahi
  • Percakapilah mereka, agar ilmumu hidup selalu
Jangan menjauh, dari siap berakal maju
  • Bila ilmu, kau sembunyikan jadi membeku
Kau kan kenal, jadi si bodoh yang tolol dungu
  • Api neraka kan membelenggumu nanti kiamat
Siksa yang pedihpun menimpamu menjilat-jilat
  • Mudzakarah Munadharah Dan Mutharahah
ولا بد لطالب العلم من المذاكرة، والمناظرة، والمطارحة، فينبغى أن يكونكل منها بالإنصاف والتأنى والتأمل، ويتحرز عن الشغب [والغضب]، فإن المناظرةوالمذاكرة مشاورة، والمشاورة إنما تكون لاستخراج الصواب وذلك إنما يحصلبالتأمل والتأنى والإنصاف، ولا يحصل بالغضب والشغب. 
Seorang pelajar seharusnya melakukan Mudzakarah (forum salingmengingatkan), munadharah (forum saling mengadu pandangan) danmutharahah (diskusi). Hal ini dilakukan atas dasar keinsyafan, kalem danpenghayatan serta menyingkiri hal-hal yang berakibat negatif.Munadharah dan mudzakarah adalah cara dalam melakukan musyawarah, sedangpermusyawaratan itu sendiri dimaksudkan guna mencari kebenaran. Karenaitu, harus dilakukan dengan penghayatan, kalem dan penuh keinsyafan. Dantidak akan berhasil, bila dilaksanakan dengan cara kekerasan danberlatar belakang yang tidak baik.

فإن كانت نيته من المباحثة إلزام الخصم وقهره، فلا تحل، وإنما يحل ذلكلإظهار الحق. والتمويه والحيلة لا يجوز فيها، إلا إذا كان الخصم متعنتا، لاطالبا للحق. وكان محمد بن يحيى إذا توجه عليه الإشكال ولم يحضره الجوابيقول: ما ألزمته لازم، وأنا فيه ناظر، وفوق كل ذى علم عليم. 
Apabila di dalam pembahasan itu dimaksudkan untuk sekedar mengobarkanperang lidah, maka tidak diperbolehkan menurut agama. Yangdiperbolehkan adalah dalam rangka mencari kebenaran. Bicaraberbelit-belit dan membuat alasan itu tidak diperkenankan, selama musuhbicaranya tidak sekedar mencari kemenangan dan masih dalam mencarikebenaran. Bila kepada Muhammad bin Yahya diajukan suatu kemuskilan yangbeliau sendiri belum menemukan pemecahannya, maka ia katakan :“pertanyaan anda saya catat dahulu untuk kucari pemecahannya. Diatasorang berilmu, masih ada yang lebih banyak ilmunya.”

وفائدة المطارحة والمناظرة أقوى من فائدة مجرد التكرار لأن فيه تكراراوزيادة. وقيل: مطارحة ساعة، خير من تكرار شهر. لكن إذا كان [مع] منصف سليمالطبيعة. وإياك والمذاكرة مع متعنت غير مستقيم الطبع، فإن الطبيعة متسرية،والأخلاق متعدية، والمجاورة مؤثرة. 
Faedah mutharahah dan mudzakarah itu jelas lebih besar daripadasekedar mengulang pelajaran sendirian, sebab disamping berarti mengulangpelajaran, juga menambah pengetahuan yang baru. Ada dikatakan : “Sesaatmutharahah dilakukan, lebih bagus mengulang pelajaran sebulan. “Sudahtentu harus dilakukan dengan orang yang insaf dan bertabiat jujur. Awasjangan mudzakarah dengan orang yang sekedar mencari menang dalampembicaraan semata, lagi pula bertabiat tidak jujur. Sebab tabiat itusuka merampas, akhlak mudah menjalar sedang perkumpulan pengaruhnyabesar.

وفى الشعر الذى ذكره الخليل بن أحمد فوائد كثيرة، قيل:
العلم من شرطه لمن خـــــدمه     أن يجعل الناس كلهم خـــدمه

Syi’ir yang dibawakan oleh Khalil bin ahmad di atas, telah banyak membawa petunjuk. Ada dikatakan :
  • Persyaratan ilmu bagi pengabdinya
  • Menjadikan seluruh manusia, agar mengabdi kepadanya
  • Menggali Ilmu
وينبغى لطالب العلم أن يكون متأملا فى جميع الأوقات فى دقائق العلوم ويعتاد ذلك، فإنما يدرك الدقائق بالتأمل، فلهذا قيل: تأمل تدرك
Pelajar hendaknya membiasakan diri sepanjang waktu untukmengangan-angan dan memikirkan. Karena itu, orang berkata :“angan-anganlah, pasti akan kau temukan.”

ولا بد من التأمل قبل الكلام حتى يكون صوابا، فإن الكلام كالسهم، فلا بدمن تقويمه قبل الكلام حتى يكون مصيبا. وقال فى أصول الفقه: هذا أصل كبيروهوأن يكون كلام الفقيه المناظر بالتأمل. قيل: رأس العقل أن يكون الكلام بالتثبت والتأمل. قال قائل شعرا:    أوصيك فى نظم الكلام بخمسة        إن كنت للموصى الشفيق مطيعا لا تغفلن سبب الكـــــلام ووقته        والكيف والكــــم والمكان جميعا 
Tidak bisa tidak, agar omongan tepat itu harus terlebih dahulu diangan-angan sebelum berbicara. Ucapan adalah laksana anak panah, dimanatepat pada sasaran bila dibidikan terlebih dahulu denganmengangan-angan. Dalam Ushul Fiqh ada dikatakan bahwa mengangan-anganadalah dasar yang amat penting. Maksudnya, hendaklah ucapan ahli fiqhyang teliti itu terlebih dahulu harus diangan-angan. Ada diaktakan :“Modal akal ialah ucapan yang tidak sembarangan serta diangan-anganterlebih dahulu.” Lain orang berkata :
  • Pesan untukmu, tata bicara ada lima perkara
Jika kau taat pada pemesan yang suka rela
  • jangan sampai terlupa :
apa sebabnya, kapan waktunya, bagaimana caranya,
berapa panjangnya dimana tempatnya itulah semua.

ويكون مستفيدا فى جميع الأوقات والأحوال من جميع الأشخاص قال رسول اللهصلى الله عليه وسلم: الحكمة ضالة المؤمن أينما وجدها اخذها.    وقيل: خذ ماصفا، ودع ما كدر. وسمعت الشيخ الإمام الأجل الأستاذ فخر الدين الكاشانىيقول: كانت جارية أبى يوسف أمانة عند محمد [ بن الحسن] فقال لها: هل تحفظينأنت فى هذا الوقت عن أبى يوسف فى الفقه شيئا؟ فقالت: لا، إلا أنه كان يكررويقول: سهم الدور ساقط، فحفظ ذلك منها، وكانت تلك المسألة مشكلة على محمدفارتفع أشكاله بهذه الكلمة. فعلم أن الإستفادة ممكنة من كل أحد. 
Seluruh waktunya dan dalam situasi bagaimanapun, pelajar hendaknyamengambil pelajaran dari siapapun. Rasulullah saw bersabda: “Hikmah itubarang hilangnya orang mukmin dimana asal ia temui supaya diambil juga.”Ada dikatakan: “Ambillah yang jernih tinggalkanlah yang keruh.” Sayamendengar ucapan Syaikhul Imam Ustadz Fakhrudin Al-Kasyani : “Adalahjariyah Abu Yusuf menjadi amanat buat Muhammad, lalu kepada Muhammadbertanya: Adakah sekarang saudari masih hafal sedikit tentang fiqh dariAbu Yusuf? Jawabnya : ah, tidak tuan, hanya saya ketahui ia seringmengulang-ulang ilmunya dan pernah berkata: “Saham daur itu gugur takdapat bagian. “Dengan itu Muhammad lalu menjadi hafal dan yang tadinyamasalah saham daur terasa sulit bagi muhammad, sekarang sudahterpecahkan. Akhirnya tahulah bahwa belajar itu bisa dilaksanakan darisiapa saja.”

ولهذا قال ابو يوسف حين قيل: بم أدركت العلم؟ قال: ما استنكفت منالإستفادة من كل أحد وما بخلت من الإفادة. وقيل لابن عباس رحمه الله: بمأدركت العلم؟    قال: بلسان سؤول، وقلب عقول. 
Dikala kepada Abu Yusuf ditanyakan: “Dengan apakah tuan memperolehilmu? beliau menjawab: “Saya tidak merasa malu belajar dan tidak kikirmengajar”. Ada ditanyakan kepada Ibnu Abbas ra : “dengan apakah tuanmendapat ilmu?” beliau menjawab : “Dengan lisan banyak bertanya dan hatiselalu berpikir.”

وإنما سمي طالب العلم: ما تقول، لكثرة ما كانوا يقولون فى الزمان الأول. ما تقول فى هذه المسألة؟. 
Adanya pelajar digelari dengan “Ma Taqulu” (Bagaimana keteranganmu)sebab pada masa dulu mereka amat terbiasa untuk mengucapakan “Bagaimanaketerangan anda dalam masalah ini?”

وإنما تفقه أبو حنيفة رحمه الله بكثرة المطارحة والمذاكرة فى دكانه حينكان بزازا.     فبهذا يعلم أن تحصيل العلم والفقه يجتمع مع الكسب. وكان أبوحفص الكبير يكتسب ويكرر العلوم، فإن كان لا بد لطالب العلم من الكسب لنفقةالعيال وغيره فليكتسب وليكرر وليذاكر ولا يكسل. 
Hanya dengan banyak mutharahah dan mudzakarah di kedainyalah, AbuHanifah pedagang kain itu menjadi alim fiqh. Melihat kenyataan tersebut,kita bisa tahu bahwa menuntut ilmu dan fiqh itu bisa pula dilakukanbersama-sama dengan bekerja mencari uang. Abu Hafsh Al-Kabir sendiribekerja sambil mengulang-ulang pelajarannya sendiri. Karena itu, apabilaseorang pelajar harus juga mencarikan nafkah keluarga dan segenaptanggungannya, bisalah kiranya di tengah-tengah keasyikan bekerjanya itusambil mempelajari sendiri pelajarannya dengan semangat dan segiatmungkin.
  • Pembiayaan Untuk Ilmu
وليس لصحيح العقل والبدن عذر فى ترك التعلم والتفقه، فإنه لا يكون أفقر من أبى يوسف، ولم يمنعه ذلك من التفقه 
Orang yang kebetulan sehat badan dan pikirannya, tiada lagi alasanbaginya untuk tidak belajar dan tafaqquh sebab tidak ada lagi yang lebihmelarat daripada Abu Yusuf, tapi toh tidak pernah melupakanpelajarannya.

فمن كان له مال كثير فنعم المال الصالح للرجل الصالح، المنصرف فى طريقالعلم. قيل لعالم: بم أدركت العلم؟ قال: بأب غني. لأنه كان ينتفع به أهلالعلم والفضل، فإنه سبب زيادة العلم لأنه شكر على نعمة العقل والعلم، وإنهسبب الزيادة. قيل: قال أبو حنيفة رحمه الله: إنما أدركت العلم بالحمدوالشكر، فكلما فهمت ووفقت على فقه وحكمة قلت: الحمد لله، فازداد علمى. 
Apabila seseorang kebetulan kaya raya, alangkah bagusnya bila hartayang halal itu di miliki orang shaleh. Ada ditanyakan kepada seorangyang alim “dengan apa tuan mendapatkan ilmu?” lalu menjawabnya: “Denganayahku yang kaya. Dengan kekayaan itu, beliau berbakti kepada ahli ilmudan ahli keutamaan”. Perbuatan seperti ini, berarti mensyukuri nikmatakal dan ilmu, yang hal itu menyebabkan bertambahnya ilmu. ada dikatakanorang, bahwa Abu Hanifah berucap: “Hanya saja kudapatkan ilmu denganBersyukur dan Hamdallah. Tiap-tiap berhasil kufahami fiqh dan hikmahselalu saja kuucapkan Hamdalah. Dengan cara itu, jadi berkembanglahilmuku.”
  • Bersyukur
وهكذا ينبغى لطالب العلم أن يشتغل بالشكر باللسان والجنان والأركانوالحال ويرى الفهم والعلم والتوفيق من الله تعالى ويطلب الهداية من اللهتعالى بالدعاء له والتضرع إليه، فإن الله تعالى هاد من استهداه. 
Demikianlah, pelajar harus menyatakan syukurnya dengan lisan, hati,badan dan juga hartanya. Mengetahui/menyadari bahwa kefahaman, ilmu dantaufik itu semuanya datang dari hadirat Allah Swt. Memohon hidayahnyadengan berdo’a dan meronta, karena hanya Dialah yang memberikan hidayahkepada siapa saja yang memohon.

فأهل الحق ـ وهم أهل السنة والجماعة ـ طلبوا الحق من الله تعالى، الحقالمبين الهادى العاصم، فهداهم الله وعصمهم عن الضلالة. وأهل الضلالة أعجبوابرأيهم وعقلهم وطلبوا الحق من المخلوق العاجز وهو العقل، لأن العقل لايدرك جميع الأشياء كالبصر، فإنه لا يبصر جميع الأشياء فحجبوا وعجزوا عنمعرفته، وضلوا وأضلوا. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: الغافل من عملبغفلته والعاقل من عمل بعقله. فالعمل بالعقل أولا: أن يعرف عجزنفسه, قالرسول الله صلى الله عليه وسلم: من عرف نفسه فقد عرف ربه, فإذا عرف عجز نفسهعرف قدرة الله عزوجل, ولا يعتمد على نفسه وعقله بل يتوكل على الله, ويطلبالحق منه. ومن يتوكل على الله فهو حسبه ويهد يه إلى صراط مستقيم. 
Akhlul Haq yaitu Ahli Sunah Wal Jama’ah selalu mencari kebenaran dariAllah yang maha benar, petunjuk, penerang yang memelihara, MakaAllahpun menganugrahi mereka hidayah dan membimbing dari jalan yangsesat. Lain halnya dengan ahli sesat, dimana ia membanggakan pendapatdan akal sendiri, mereka mencari kebenaran berdasar akal semata, yaitusuatu makhluk yang lemah. Merekapun lemah dan terhalangi dari kebenaran,serta sesat yang menyesatkan, kerena akal itu tak ubahnya sepertipandangan mata yang tidak mampu mencari segala yang ada secaramenyeluruh.

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa mengetahui dirinya sendiri,maka dia mengetahui Tuhannya. “Artinya, siapa tahu kelemahan dirinya,maka akan tahulah kebesaran kekuasaan Allah. Karena orang itu janganberpegang dengan diri dan akal sendiri, tapi haruslah bertawakal kepadaAllah, dan kepadaNya pula ia mencari kebenaran. Barang siapa bertawakalkepada Allah, maka akan dicukupinya dan di bimbing ke jalan yang lurus.
  • Pengorbanan Harta Demi Ilmu
ومن كان له مال كثير فلا يبخل, وينبغى أن يتعوذ بالله من البخل. قالالنبى عليه السلام: أي دواء أدوأ من البخل. وكان أبو الشيخ الإمام الأجلشمس الأئمة الحلوانى, رحمه الله فقيرا يبيع الحلواء, وكان يعطى الفقهاء منالحلواء ويقول: أدعوا لابنى, فببركة جوده واعتقاده وشفقته وتضرعه إلى اللهتعالى نال ابنه ما نال
Orang kaya jangan kikir, dan hendaklah mohon perlindungan kepadaAllah agar tidak kikir. Nabi saw bersabda: “Manakah penyakit yang lebihkeras daripada kikir? Bapaknya Syaikhul Imam Agung Syamsul AimmahAl-Halwaniy adalah seorang fakir penjual kue halwak. Bapak inimenghadiahkan beberapa biji tersebut kepada fuqaha, dan katanya:“Kumohon tuan mendo’akan putraku.” Demikianlah, sehingga atas berkahdermawan, I’tikad baik, suka rela dan merontanya itu, sang putramendapat kesuksesan cita-citanya.

ويشترى بالمال الكتب ويستكتب فيكون عونا على التعلم والتفقه 
Dengan harta yang dimiliki, hendaklah suka membeli kitab dan mengajimenulis jika diperlukan. Demikian itu akan lebih memudahkan belajar danbertafaqquh.

وقد كان لمحمد بن الحسن مال كثير حتى كان له ثلاثمائة من الوكلاء علىماله وأنفقه كله فى العلم والفقه, ولم يبق له ثوب نفيس فرآه أبو يوسف فىثوب خلق فأرسل إليه ثيابا نفيسة فلم يقبلها فقال: عجل لكم, وأجل لنا, ولعلهإنما لم يقبله وإن كان قبول الهدية سنة, لما رأى فى ذلك مذلة لنفسه. قالرسول الله عليه الصلاة والسلام: ليس للمؤمن أن يذل نفسه

وحكي أن الشيخ فخر الإسلام الأرسابندى رحمه الله جمع قشور البطيخالملقاة فى مكان خال فأكلها فرأته جارية فاخبرت بذلك مولاها فاتخذ له دعوةفدعاه إليها فلم يقبل لهذا 
Suatu hikayat, bahwa fakrul Islam Al-Arsyabandiy makan kulit-kulitsemangka yang dibuang orang, dimana ia kumpulkan sendiri daritempat-tempat yang sepi. Pada suatu ketika ada seorang jariyah yangmengetahuinya, lalu melaporkan hal itu kepada tuannya. Maka setelahdisediakan jamuan makan, Fakhrul Islampun dimohon kehadirannya. Namundemi menjaga dirinya agar tidak tercemar, beliau tidak berkenanmenghadiri jamuan tersebut.
  • Loba Dan Tama’
وهكذا ينبغى لطالب العلم أن يكون ذا همة عالية لا يطمع فى أموال الناس.قال النبى صلى الله عليه وسلم: إياك والطمع فإنه فقر حاضر. ولا يبخل بماعنده من المال بل ينفق على نفسه وعلى غيره.
Demikianlah, sehingga para pelajar jangan sampai tama’ mengharapkanharta orang lain. Ia hendaknya memiliki Himmah yang luhur. Nabi sawbersabda : “Hindarilah tama’ karena dengan tama’ berarti kemiskinantelah menjadi”. Tapi tuan juga jangan kikir, sukalah membelanjakanhartanya untuk keperluan diri sendiri dan kepentingan orang lain.
  • Pelaksanaan Pelajaran Keterampilan
قال النبى عليه الصلاة والسلام: الناس كلهم فى الفقر مخافة الفقر وكانوافى الزمان الأول يتعلمون الحرفة ثم يتعلمون العلم حتى لايطمعوا فى أموالالناس. وفى الحكمة من استغنى بمال الناس افتقر 
Nabi saw bersabda : “Karena khawatir melarat, semua manusia telahjadi melarat’. Pelajar-pelajar dimasa dulu sebelum mempelajari ilmuagama, lebih dahulu belajar bekerja, agar dengan begitu tidak tama’mengharap harta orang lain. Dalam kata hikmah disebutkan: “Barangsiapamencukupi diri dengan harta orang lain, berarti ia melarat.”

والعالم إذا كان طماعا لا يبقى له حرمة العلم ولا يقول بالحق ولهذا كانيتعوذ صاحب الشرح عليه السلام ويقول أعوذ بالله من طمع يدنى إلى طبع. 
Jika orang alim bersifat tama’, hilanglah nilai ilmunya dan ucapannyatidak bisa dibenarkan lagi. Karena itu, Rasulullah saw pembawa syareatberlindung diri dari sabdanya: “Aku berlindung diri kepada Allah darisifat tama’ yang membawa kepada tabiat jahat.”
  • Lillahi Ta’ala
وينبغى أن لا يرجو الأمن الله تعالى ولا يخاف إلا منه ويظهر ذلك بمجاوزةحد الشرع وعدمها فمن عصى الله تعالى خوفا من المخلوق فقد خاف غير اللهتعالى، فإذا لم يعص الله تعالى لخوف المخلوق وراقب حدود الشرع فلم يخف غيرالله تعالى بل خاف الله تعالى وكذا فى جانب الرجاء. 
Tumpuan harapan sang pelajar hanyalah kepada Allah, takutpun hanyakepadaNya. Sikap tersebut bisa di ukur dengan melampaui batas-batasagama atau tidak. Barangsiapa takut kepada sesama makhluk lalu iamendurhakai Allah, maka berarti telah takut kepada selain Allah. Tapisebaliknya bila ia telah takut kepada makhluk namun telah taat kepadaAllah dan berjalan pada batas-batas syareat, maka tidak bisa dianggaptelah takut kepada selain Allah. Ia masih dinilai takut kepada Allah.Begitu pula dalam masalah harapan seseorang.
  • Mengukur Kemampuan Diri Sendiri
وينبغى لطالب العلم أن يعد ويقدر لنفسه تقديرا فى التكرار فإنه لا يستقر قلبه حتى يبلغ ذلك المبلغ
Hendaknya (yang lebih efisien dan efektif untuk menghafalkanpelajaran yaitu) : Pelajaran hari kemarin diulang 5 kali, hari lusa 4kali hari kemarin lusa 3 kali, hari sebelum itu 2 kali dan harisebelumnya lagi 1kali.
  • Metoda Menghafal
وينبغى لطالب العلم أن يكرر سبق الأمس خمس مرات وسبق اليوم الذى قبلالأمس أربع مرات والسبق الذى قبله ثلاثا والذى قبله اثنين والذى قبله واحدافهذا أدعى إلى الحفظ. 
Suatu cara yang efisien dan efektif untuk menghafalkan pelajaranyaitu : Pelajaran hari kemarin diulang 5 kali, hari lusa 4 kali, harikemarin lusa 3 kali, hari sebelum itu 2 kali, dan hari sebelumnya lagisatu kali.

وينبغى أن لا يعتاد المخافة فى التكرار لأن الدرس والتكرار ينبغى أنيكون بقوة ونشاط، ولا يجهر جهرا يجهد نفسه كيلا ينقطع عن التكرار، فخيرالأمور أوسطها. وحكى أن أبا يوسف رحمه الله كان يذاكر الفقه مع الفقهاءبقوة ونشاط، وكان صهره عنده يتعجب فى أمره ويقول: أنا أعلم أنه جائع منذخمسة أيام، ومع ذلك يناظر بقوة ونشاط. 
Hendaknya dalam mengulangi pelajarannya itu jangan pelan-pelan.Belajar lebih bagus bersuara kuat dengan penuh semangat. Namun janganterlalu keras, dan jangan pula hingga menyusahkan dirinya yangmenyebabkan tidak bisa belajar lagi. Segala sesuatu yang terbaik adalahyang cukupan. Suatu hikayat menceritakan, bahwa suatu saat Abu Yusufsedang mengikuti mudzakarah fiqh dengan suara kuat dan penuh semangat.Lalu dengan rasa heran, iparnya berkata: “saya tahu Abu Yusuf telah limahari kelaparan, tapi ia tetap munadharah dengan suara keras dan penuhsemangat.
  • Panik Dan Bingung
وينبغى أن لا يكون لطالب العلم فترة فإنها آفة، وكان أستاذنا شيخالإسلام برهان الدين رحمه الله يقول: إنما غلبت شركائى بأنى لا تقع لىالفترة فى التحصيل. وكان يحكى عن الشيخ الأسبيجابى أنه وقع فى زمان تحصيلهوتعلمه فترة اثنتى عشرة سنة بانقلاب الملك، فخرج مع شريكه فى المناظرة [إلىحيث يمكنهما الإستمرار فى طلب العلم وظلا يدرسانه معا] ولم يتركا الجلوسللمناظرة اثنتى عشرة سنة. فصار شريكه شيخ الإسلام للشافعيين وكان هوشافعيا. 
Seyogyanya pelajar tidak panik dan kebingungan, sebab itu semuaadalah afat. Guru kita Syaikhul Islam Burhanuddin berkata: “Sesungguhnyasaya dapat melebihi teman-temanku adalah karana selama belajar tidakpernah merasa panik, kendor dan kacau”. Hikayat menceritakan, bahwaSyaikh Al-Asbijabiy di masa belajarnya mengalami masa jumud selama 12tahun lantaran pergantian Raja. Iapun pergi keluar negeri bersamaseorang sahabatnya guna mengadakan munadharah setiap hari di sana.Demikian munadharah dilakukan selama 12 tahun. Akhirnyapun sahabat tadimenjadi Syaikhul Islam beraliran madzhab Syafi’I ikutan kaumsyafi’iyyin.

R. Sebuah Methode Belajar.

وكان أستاذنا الشيخ القاضى الإمام فخر الإسلام قاضى خان يقول: ينبغىللمتفقه أن يحفظ [كتابا] واحدا من [كتب] الفقه دائما فيتيسر له بعد ذلك حفظما سمع من الفقه.
Guru kami Syaikh Qadli Imam Fakhrul Islam Qadlikhan berkata: Bagipelajar Fiqh, agar selalu hafal di luar kepala sebuah kitab fiqh. Denganbegitu, akan lebih memudahkan dalam mnghafalkan ilmu fiqh yang baruyang di dengarkan.

No comments:

Post a Comment